Detoks

Detoksifikasi merupakan proses metabolisme yang mengurangi dan mengeluarkan kadar racun dari dalam tubuh, dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi dan ekskresi molekul toksin. Di bawah ini terdapat beberapa makanan yang dapat membantu tubuh untuk melakukan detoksifikasi.

  1. Buah beri dan sayuran hijau
    Saat kamu memulai hari, Sarapan sehat berupa sepiring sayuran seperti bayam dengan ditambah jus beri. Kandungan klorofil pada sayur yaitu molekul yang membantu menyingkirkan berbagai racun berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit dan kerusakan hati. Antioksidan pada buah beri dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan penyakit dan mengurangi rasa pahit pada sayuran.
  2. Bubuk kari
    Kunyit sering digunakan pada bumbu kari. Kandungan kurkumin pada kunyit dapat digunakan untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan dan gangguan hati. Bubuk kari memiliki sifat anti-inflamasi (peradangan) dan berperan dalam produksi glutation, yaitu salah satu antioksidan kuat yang dapat melindungi hati.
  3. Kol
    Kol merupakan diuretik alami yang dapat membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari dalam tubuh. Sayuran ini sendiri mengandung air dalam jumlah banyak (92% terdiri dari air). Sayuran ini mengandung banyak vitamin penting seperti vitamin C, K, E, dan A, berbagai mineral, serat, asam folat, serta mengandung glukosinolat, suatu komponen organik yang terdiri dari nitrogen dan sulfur yang dapat membantu mengeluarkan berbagai racun yang tidak diinginkan dari dalam tubuh.
  4. Nanas
    Nanas memang terasa menyegarkan dan lezat. Ternyata nanas mengandung komponen penting yang dapat membantu proses detoksifikasi tubuh, yaitu bromelian, suatu enzim pencernaan. Enzim ini terbukti dapat membantu tubuh mencerna protein, lemak, dan mengurangi peradangan. Nanas juga mengandung mangan yang merupakan salah satu cara untuk memperbaiki mood anda saat anda mengalami gejala premenstrual.
  5. Air putih
    Minum segelas air putih saat bangun di pagi hari dan minum air secukupnya sepanjang hari. Meminum air sebelum makan dapat membantu mengurangi rasa lapar. Konsumsi 9 gelas air setiap harinya untuk membantu tubuh membuang racun dari dalam tubuh anda melalui hati dan ginjal.
  6. Teh hijau
    Polifenol merupakan antioksidan yang terdapat dalam teh hijau, Antioksdian ini dapat membantu detoksifikasi tubuh dengan cara menyingkirkan berbagai radikal bebas yang berbahaya. Mengonsumsi teh hijau dapat mengurangi resiko kanker, Memperbaiki daya ingat dan mengurangi lemak pada perut saat dikonsumsi bersamaan dengan olahraga berkat adanya katekin.
  7. Lemon
    Meminum segelas air dengan campuran lemon dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Lemon mengandung anti-bakteri yang membantu membersihkan darah dan menjaga keseimbangan pH pada usus besar serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Keep Smart Mama.

Komentar