Mata Lelah
Mata Lelah

Majalah Happymama – Mata lelah memang menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika kondisi ini terjadi pada saat kita beraktifitas seperti belajar, bekerja atau mengemudikan kendaraan. Mata lelah umumnya bukanlah masalah yang serius dan dapat hilang dengan sendirinya setelah beristirahat.

Kelelahan mata dideskripsikan sebagai gangguan mata yang disebabkan oleh penggunaan mata dalam jangka waktu yang lama tanpa istirahat.

— FAKTANYA —

Kondisi mata lelah bisa disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Menyetir kendaraan dengan jarak tempuh yang jauh.
  • Menatap layar komputer atau gadget dalam waktu yang lama.
  • Terlalu lama membaca.
  • Memiliki kelainan refraksi mata.
  • Melihat secara terus-menerus dalam ruangan minim cahaya.
  • Terpapar cahaya yang terlalu terang atau menyilaukan.
  • Seperti Apa Gejala Mata Lelah?

 

kelelahan mata bisa dikenali dengan beberapa gejala yang sering terjadi, antara lain:

  • Mata terasa nyeri, pedih atau gatal.
  • Mata berair atau terasa kering.
  • Pandangan kabur atau berbayang.
  • Mata lebih sensitif terhadap cahaya.
  • Gejala-gejala mata lelah juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain, misalnya nyeri pada bahu, leher, punggung, dan sakit kepala. Beberapa gejala tersebut akan semakin terasa jika Anda kurang tidur. Sebab, tidur yang cukup sangat penting untuk mata. Selama tidur, mata juga akan beristirahat dan mendapat nutrisi untuk perbaikan jaringan, sehingga mata lelah dapat teratasi. Kurang tidur sama saja mengurangi atau mengganggu proses istirahat mata.

(Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Saat Puasa)

Cara Mencegah Mata Lelah

Ada beberapa cara agar dapat mencegah mata lelah, antara lainnya:

1. Atur Pencahayaan dan Posisi Monitor Komputer

Apabila anda kerja didepan komputer sepanjang harinya, pastikan untuk atur pencahayaan dan posisi layar komputer. kamu juga boleh tambahkan filter dimonitor untuk mengurangi cahaya dari monitor. Selain dari pada itu, selalu posisikan diri kira-kira sejauh 50-60 cm dari layar ke mata.

2. Perhatikan juga kondisi pencahayaan ruangan

Usahakan agar pencahayaan diruangan tidak terlalu terang, sehingga tidak menyilaukan mata, termasuk mengatur arah pencahayaan. Pastikan untuk juga menjaga kebersihan layar komputer agar pencahayaan tetap ideal.

3. Istirahat secara berkala selama 20 detik

Saat mengoperasikan komputer atau membaca, Anda dianjurkan untuk sesekali beristirahat dari kegiatan tersebut. Beristirahatlah setiap 20 menit, lalu istirahatkan mata Anda setidaknya selama 20 detik.

4. Perawatan mata

Cara yang terakhir adalah dengan melakukan perawatan mata, diantaranya dengan mengompres mata dengan kain yang sudah dibasahi air hangat, atau menggunakan tetes mata untuk menyegarkan mata saat mulai terasa kering.

(Baca Juga : Tips Menghilangkan Rasa Jenuh)

Komentar